5 Hal Ini Sering Terlewat Saat Perawatan Rutin Kendaraan Roda Empat

https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-transmisi

Memiliki kendaraan tentu tidak lepas dari kewajiban untuk merawat dan memelihara kondisinya agar tetap prima dan nyaman saat digunakan. Beberapa perawatan umum yang bisa Anda lakukan secara rutin adalah dengan mengecek bagian roda, mengecek aki dan melakukan penggantian oli transmisi. Tetapi, penggantian ini tidak bisa asal, harus disesuaikan dengan jenis kendaraan, Anda bisa mencari tahu informasi oli transmisi yang sesuai dengan jenis kendaraan melalui link berikut https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-transmisi.

Pada kendaraan mobil, perawatan rutin sering kali terfokus hanya pada bagian mesin dan body mobil. Padahal, bagian lain yang terlewat saat perawatan rutin juga turut andil dalam kenyamanan Anda selama berkendara. Nah, apa saja? Pastikan Anda tidak melewati lima hal ini, ya.

  1. Filter Udara Kabin

Pada mobil ada dua jenis filter udara, yaitu filter udara standar dan filter udara kabin. Filter udara standar berfungsi untuk menyaring debu yang masuk dari udara luar ke dalam bagian penumpang. Sedangkan filter udara kabin dengan karbon aktif berfungsi meredam bau serta berbagai polutan yang masuk ke mobil. Sayangnya, sebagian orang menunggu hingga benar-benar kotor untuk membersihkan filter udara ini. Padahal, jika filter udara kotor dibiarkan saja, bisa menimbulkan beberapa masalah pada mobil, seperti turunnya performa mesin, konsumsi bahan bakar menjadi boros serta keadaan mobil menjadi tidak sedap.

 

  1. Pemeriksaan Cairan Radiator

Sebagian besar pemilik mobil menyangka bahwa cairan pendingin radiator dapat berfungsi seumur hidup sehingga jarang sekali dilakukan pengecekan dan penggantian cairan radiator. Sama halnya dengan oli, seiring berjalannya waktu, kualitas cairan ini pun akan menurun, keseimbangan pH-nya akan berkurang dari angka ideal dan lama-kelamaan akan muncul timbunan pasir di dalamnya yang berakibat menghambat fungsi kerja coolant.

 

  1. Penyesuaian Katup

Setiap mobil memiliki katup yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi gas pembakaran ke luar dan dalam mesin. Beda jenis mobil, maka beda juga jenis katupnya, ada yang menggunakan lifter katup bersistem otomatis ataupun yang masih bersifat mekanis. Nah, seringkali untuk jenis mobil yang menggunakan katup bersifat mekanis, pengecekan harus dilakukan secara berkala karena membutuhkan beberapa penyesuaian. Jika diabaikan bisa mempengaruhi kinerja mesin.

  1. Penggantian Minyak Rem Mobil

Hal lain yang sering terlewat saat perawatan rutin adalah minyak rem. Jangan menunggu kering, sebaiknya turut sertakan pengecekan dan penggantian minyak rem saat melakukan perawatan rutin. Letaknya yang berada di dalam sistem rem yang tertutup rapat, dapat menyerap kelembaban sekitarnya. Temperatur minyak rem pun dapat menjadi semakin rendah dan bisa beresiko terjadi karat dan korosi pada sistem rem hidrolik. Sebaiknya lakukan penggantian ketika mobil telah mencapai 60 ribu km.

 

  1. Kebersihan Interior Mobil

Seringkali, saat perawatan mobil fokus terbesar ada pada mesin mobil saja. Padahal, kenyamanan selama berkendara juga penting, maka dari itu kebersihan interior mobil perlu juga diperhatikan, lho. Mulai dari membersihkan bagian dashboard, karpet kendaraan agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, perawatan pada jok kendaraan hingga pengharum mobil.

 

Itulah beberapa hal yang sering terlewat saat Anda melakukan perawatan rutin pada kendaraan roda empat. Pastikan bahwa kondisi mobil secara fisik dan mesin tetap terawat dan bersih agar mobil panjang umur dan terus menemani setiap peluangan Anda.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.