6 Tips Jitu Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC, Mudah Diterapkan!

Rumah menjadi satu-satunya tempat ternyaman untuk beristirahat,  beraktivitas, dan berkumpul bersama keluarga. Namun, udara panas yang menyengat di rumah kerap kali tidak bisa dihindari, sehingga membuat suasana menjadi tidak nyaman. Itulah kenapa beberapa rumah akhirnya mengandalkan AC atau air conditioner sebagai alat untuk mendinginkan ruangan. Tapi, jika terlalu sering menggunakan AC, masalah tagihan listrik membengkak pun bisa terjadi.

 

Maka dari itu, penting sekali untuk kamu mencari tahu tentang cara membuat rumah sejuk dan segar di rumah tanpa AC. Nah, kali ini kami akan mengulas tentang tips membuat rumah sejuk tanpa AC yang bisa kamu simak di bawah ini. Mudah diterapkan!

 

1. Ganti Lampu Pijar dengan Lampu LED

Sumber: id.pinterest.com

 

Tidak sedikit rumah yang menggunakan lampu pijar sebagai penerangan. Namun, kalau kamu ingin merasakan hawa sejuk dan segar di rumah, sebaiknya hindari penggunaan lampu pijar. Pasalnya, bola lampu pijar bisa menghasilkan panas berlebih yang bisa mempengaruhi suhu ruangan, karena 90% energi listrik yang dikonsumsi lampu pijar bakal diubah menjadi panas.

 

Untuk itu, kamu bisa mengganti lampu pijar dengan lampu LED. Lampu dengan jenis LED ini memiliki 50% energi listrik yang akan diubah menjadi cahaya, bukan panas. Meski harganya jauh lebih tinggi dari lampu pijar, tetapi lampu LED terbilang awet hingga bisa digunakan selama 50.000 jam.

 

2. Berikan Kesan Alami pada Rumah

Sumber: id.pinterest.com

 

Kamu bisa menambahkan berbagai elemen alami untuk memberikan kesan sejuk dan asri di rumahmu. Misalnya, memelihara tanaman hias atau ikan hias di aquarium. Tanaman hias sendiri mempunyai banyak manfaat yang bisa didapat, salah satunya meningkatkan kualitas udara didalam rumah.

 

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa tanaman hias mampu mengurangi debu di dalam rumah hingga 20%. Kegunaan tanaman hias sebagai pembersih udara juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh keluarga di rumah.

 

3. Buka Jendela Di Pagi dan Sore Hari

Sumber: id.pinterest.com

 

Tanpa perlu menyalakan AC 1/2 PK di rumah, kamu bisa mendapatkan kesejukan udara alami dengan membuka pintu dan jendela. Namun sebelum itu, perhatikan waktu untuk membukanya ya, agar banyak udara sejuk yang masuk ke dalam rumah.

 

Waktu yang tepat untuk mendapatkan udara segar adalah saat pagi dan sore hari. Ketika pagi hari cuaca masih belum terlalu panas, jadi kamu bisa membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah. Jika sudah memasuki waktu siang, sebaiknya tutup kembali jendela dan pintu. Kamu juga bisa melakukan hal ini saat sore hari, terutama pada saat suhu di luar rumah sudah menurun.

 

4. Gunakan Exhaust Fan

Sumber: id.pinterest.com

 

Untuk mendapatkan kualitas udara yang baik, kamu bisa memasang exhaust fan di kamar mandi dan dapur. Alat ini berguna untuk menghisap udara dalam ruangan yang kemudian dibuang keluar dan menggantinya dengan udara segar ke dalam ruangan.

 

Selain itu, alat ini juga bisa mengatur volume udara yang bakal disirkulasikan ke dalam ruangan. Karena setiap ruangan membutuhkan sirkulasi udara yang berbeda-beda agar udara tetap segar.

 

5. Pilih Sprei dan Sarung Bantal dari Bahan Katun

Sumber: id.pinterest.com

 

Agar kamu dan keluarga bisa beristirahat dengan nyaman, sebaiknya gunakan seprai dan sarung bantal yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini terkenal akan kesejukannya saat bersentuhan dengan kulit dan tidak menyimpan panas karena bahannya yang tipis. Dengan begitu, kamu dan keluarga pun bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

 

6. Gunakan Tirai Tebal

Sumber: id.pinterest.com

 

Cara ini terbilang ampuh untuk membuat rumah terasa sejuk dan anti pengap. Saat cuaca sedang terik-teriknya, tutup semua celah masuknya sinar matahari seperti jendela. Lalu, lapisi jendela dengan gorden atau tirai sebagai penghalau panas masuk ke dalam rumah. Pilihlah tirai tebal dengan warna netral agar bisa menghalau panas dari luar.

 

Itu dia keenam tips yang bisa kamu tiru untuk membuat rumah terasa lebih sejuk dan segar tanpa AC. Dengan mencoba tips-tips di atas, kamu pun bisa menghemat penggunaan AC 1 PK di rumah sehingga tagihan listrik tidak melonjak. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.