Anies Baswedan Positif Virus Corona Jadi Trending Twitter, Sikapnya Jadi Perbincangan Netizen

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi trending topic di media sosial Twitter. Hal tersebut menyusul kabar yang menyebut Anies Baswedan terkonfirmasi positif Covid 19. Kabar itu diungkapkan Anies Baswedan melalui video yang diunggah di Instagram pribadinya, pada Selasa (1/12/2020).

Melalui video berdurasi 4 menit tersebut Anies Baswedan menjelaskan, dirinya rutin melakukan tes swab Covid 19 hingga terakhir pada Rabu 25 November 2020 lalu. Saat itu, hasil tes swabnya menunjukkan negatif terjangkit virus asal China tersebut. Namun, setelah mendengar kabar Ahmad Riza positif covid 19, Anies Baswedan kembali melakukan tes.

"Setelah dengar kabar Pak Wagub positif, sementara kita ada interaksi cukup dekat. Sesuai dengan protokol kesehatan saya kembali melakukan tes," "Pada hari Minggu 29 November saya mulai jalani swab antigen dan hasilnya negatif," "Lalu pada Senin 30 November saya kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen hari sebelumnya, dan ternyata malamnya dini hari saya dapat kabar hasilnya positif,"

"Test PCR menyatakan saya positif covid 19," tutur Gubernur DKI Jakarta. Anies Baswedan mengimbau pihak yang berinteraksi dengannya bisa langsung melakukan langkah yang perlu dilakukan. Seperti isolasi mandiri atau tes PCR.

"Siapapun yang bertemu saya dalam berapa hari ini, silahkan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap," "Tim tracing dari Dinkes akan mendata dan menghubungi yang kontrak erat, dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan," tutur Anies Baswedan. Anies Baswedan lantas memaparkan kondisi terkininya setelah positi covid 19.

"Saat ini alhamdulilah kondisi saya baik, alhamdulilah tidak ada gejala," "Setelah konsultasi dengan dokter dan sesuai dengan arahannya saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis," Anies Baswedan akan menjalani isolasi mandiri di rumah dinas.

"Saya akan tinggal sendiri, sementara keluarga akan tinggal di rumah pribadi yang selama ini kita tempati," tuturnya. Gubernur Anies mengaku akan tetap bekerja dari rumah secara virtual. "Memimpin rapat secara virtual, yang memang sejak Maret lalu kita sudah terbiasa serba virtual, insya allah tidak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan, dan pemerintahan," kata Anies Baswedan.

Di kolom komentar, banyak warganet memberikan dukungan untuk kesembuhan Anies Baswedan. Sikap Anies Baswedan yang terbuka dengan kondisinya, rupanya menuai pujian dari pengguna Twitter. "Salut unt Pak Anies…"

"Nah klo jawara bgtu JANTAN sip pak anies… Gak perlu ngumpet dan sampai lari ke luar negri untuk BEROBAT hehe…" "Semoga cepet sembuh ya Pak Anies. Jangan di rahasiakan seperti yg sono"

"Harusnya HRS ikutin dia. Kasih tau hasil lab nya. Pak Anies ini tokoh yg harus di contoh." Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria positif Covid 19. Ahmad Riza Patria terlebih dahulu diberitakan positif Covid 19.

Dalam keterangannya, politikus Partai Gerindra itu diketahui positif Covid 19 usai tes swab padaJumat (27/11/2020). Pengumuman dirinya terinfeksi virus corona tersebut disampaikan pada Minggu (29/11/2020) kemarin. Riza Patria mengatakan kondisinya dalam keadaan baik walau diserang virus mematikan tersebut.

"Alhamdulillah kondisi saya baik setelahdinyatakan positifCOVID 19, para staf dan seluruh keluarga saya juga sudah menjalaniswab test," kata Riza dalam akun [email protected] (30/11/2020) malam. Riza mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Jakarta yang memberikan doa kesembuhan untuknya. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para medis yang merawat dirinya saat ini. "Terima kasih kami haturkan untuk pengabdian dan perjuangan para dokter, perawat, supir ambulans, semua tenaga kesehatan serta para relawan yang sejak awal Covid 19 terus melayani seluruh warga," ujar Riza.

Dalam tulisannya di Instagram tersebut, dia juga mengingatkan agar warga Jakarta terus menjalankan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak). 3M, kata Riza, untuk menjaga keselamatan semua orang, bukan hanya untuk diri sendiri saja. "Kita juga kembali diingatkan bahwa virus ini tidak pilih pilih sasaran, karenanya selain disiplin 3M, kita juga harus rajin ibadah, sering berdoa, cukup istirahat, mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin, berjemur serta rutin berolahraga agar daya tahan tubuh terjaga," tulis dia.

Riza Patria mengumumkan bahwa dirinya terpapar Covid 19 setelah melakukanswab testJumat (27/11/2020) lalu. Dia menjelaskan, dia terpapar virus melalui salah satu stafnya yang duluan tertular dari klaster keluarga. "Jadi, temuan positif Covid 19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarga," kata Ariza, Minggu.

Dia mengatakan meski hasil tes menunjukan positif Covid 19, namun kondisinya dalam keadaan baik. Penularan Anies dari mana? Anies Baswedan, mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus Covid 19.

Gubernur Anies menyampaikan, dirinya dinyatakan positif Covid 19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa dini hari (1/12/2020). Pada Senin siang (30/11), Gubernur Anies Baswedan memang telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta. Sebelumnya, pada Rabu (25/11), Gubernur Anies Baswedan juga telah melakukan tes usap PCR rutin dan saat itu hasilnya juga negatif.

Pada hari Minggu (29/11), usai Wagub Ariza dinyatakan positif Covid 19, Gubernur Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif. Memang beberapa hari sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan intens bertemu dengan Wakil Gubernur Ariza untuk rapat berdua. Gubernur Anies Baswedan menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya Selasa pagi (1/12/2020) seperti dikutup dari laman PPID DKI Jakarta. Saat ini, lanjut Gubernur, seluruh kontak erat, baik keluarga maupun staf yang ada di kantor, telah dilakukan tes usap PCR. “Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar semua orang yang pernah berinteraksi selama beberapa hari terakhir, untuk melakukan langkah langkah yang diperlukan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR. “Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” tambahnya. Meski dinyatakan positif dan tanpa gejala, Gubernur Anies akan tetap memimpin rapat rapat yang telah dijadwalkan. Dan akan dilakukan secara virtual.

“Saya akan tetap bekerja memimpin rapat rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu,” tambah dia. Selain itu, lanjut Gubernur Anies, sesuai protokol, unit kantor Gubernur akan ditutup. Seperti juga unit kantor Wakil Gubernur di Blok B sudah ditutup. Gedung utama Balai Kota, yang lokasinya berbeda dengan kantor gubernur dan wakil gubernur akan tetap akan beroperasi dengan protokol kesehatan ketat.

Gubernur Anies juga meminta agar masyarakat bisa semakin patuh terhadap 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. “Mohon doanya agar bisa segera kembali sembuh dan Semoga Allah SWT melindungi kita semua dan merahmati kota Jakarta,” pintanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.