Buron 4 Tahun, Terpidana Korupsi Ahmad Rasyidi Ditangkap di Makassar

Tim gabungan Kejaksaan RI mengamankan terpidana korupsi Ahmad Rasyidi di Makassar pada Rabu (04/11/2020). Pelaku ditangkap setelah buron selama 4 tahun. Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono mengatakan Ahmad Rasyidi ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di Jalan Al Markaz Al Islami Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (04/11/2020) sekitar pukul 15.30 WITA. "Terpidana yang berhasil ditangkap dan diamankan yaitu Ahmad Rasyidi yang telah buron selama kurang lebih 4 tahun sejak tahun 2016," kata Hari dalam keterangannya, Rabu (4/11/2020).

Ahmad Rasyidi merupakan terpidana kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) penyalahgunaan anggaran dana block grant tahun anggaran 2007 pada Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam kasus ini, terpidana dinyatakan merugikan negara Rp 1 miliar. Dalam kasus ini, Ahmad Rasyidi dinyatakan bersalah berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Rl Nomor : 2550 K/Pid.SUS/2015 tanggal 09 Agustus 2016. Dia dipidana penjara selama 6 tahun dan denda sebesar Rp 200 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan. "Terpidana sempat dilakukan pemanggilan untuk melaksanakan isi putusan, namun yang bersangkutan tidak mengindahkan walaupun sudah dipanggil secara patut 3 kali berturut turut. Oleh karena itu, Terpidana dimasukan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan dinyatakan buron," jelasnya.

Selanjutnya, terpidana dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I A Makassar untuk menjalani hukuman pidana penjara. Dia juga telah melalui protokol kesehatan sebelum dimasukkan ke dalam penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.