Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word, Ikuti 3 Langkahnya di Sini!

Berikut adalah cara membuat daftar isi di Microsoft Word dengan mudah. Daftar isi adalah suatu hal yang wajib dilakukan dalam pembuatan skripsi, laporan, dan penulisan buku untuk mempermudah pembaca menemukan bahasan tertentu. Bagi sebagian orang, daftar isi dibuat secara manual di Microsoft Word.

Akan tetapi, untuk pembuatan daftar isi secara manual lebih merepotkan. Terlebih apabila ada suatu revisi dan harus mengubah halaman. Selain memakan banyak waktu, juga tidak efektif apabila revisi yang dilakukan merubah halaman.

Di Microsoft Word sendiri memiliki fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis. Tentunya dipastikan terlebih dulu sudah ada nomor di tiap halamannya. Daftar isi yang dibuat secara otomatis akan menyesuaikan dengan halaman halaman apabila ada revisi.

Jadi selain efisien waktu, Anda tidak perlu mengedit manual lagi ketika terdapat halaman yang bergeser. Sebelum Anda membuat daftar isi secara otomatis di Micorosoft Word, pastikan di tiap halaman karya ilmiah atau skripsi Anda sudah terdapat nomor halaman. Masuk ke tab Insert, lalu pilih 'Page Number' yang ada di sebelah kanan

Pilih posisi nomor halaman sesuai kebutuhan. 'Top of Page' untuk nomor halaman yang berada di bagian atas. 'Bottom of Page' untuk nomor halaman yang berada di bagian bawah.

Heading berguna untuk menentukan posisi judul bab dan judul subbab. Heading memiliki tingkatannya masing masing. Heading 1 digunakan untuk judul utama.

Heading 2 digunakan untuk subjudul, dan seterusnya. Contoh terlampir pada gambar berikut: Blok teks 'BAB 1' lalu klik 'Heading 1' yang terdapat pada tab Home di sebelah kanan atas.

Silahkan diatur ulang untuk jenis font, ukuran font dan posisi teks seperti semula. Karena ketika diatur sebagai heading kemungkinan akan berubah format penulisannya. Selanjutnya, atur subjudul sebagai heading 2, lakukan juga pada subbab kedua dan seterusnya. Setelah heading judul bab dan subbab sudah diatur, Anda dapat langsung mengatur daftar isi.

Sisipkan halaman kosong sebelum halaman BAB I Klik tab 'References' Klik 'Table of Contents' dan pilih jenis tabel daftar pustaka yang diinginkan.

Daftar isi Anda sudah siap. Apabila ada revisi atau penyuntingan naskah, kemungkinan akan ada halaman yang bergeser. Untuk menyiasati itu, Anda hanya perlu melakukan satu langkah mudah.

Cukup dengan klik sembarang pada tabel dafter isi, lalu pilih 'Update Table', lalu klik 'OK' Judul bab yang halamannya tergeser akan diperbarui secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.