Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 47 48 49 50 51 Pembelajaran 6 Subtema 1

Berikut ini kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Buku Tematik Subtema 1 halaman 29 30 31 32. Subtema 1 membahas tentang Perjuangan Para Pahlawan. Halaman 29 30 31 32 termasuk dalam Subtema 1 Pembelajaran 4.

Berikut ini kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD halaman 29 30 31 32 Subtema 1 Pembelajaran 4: Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Jawaban: Bila Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya maka Kerajaan Sriwijaya tidak akan memiliki armada laut yang kuat dan mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan yang menjadikan Kerajaan Sriwijaya besar dan makmur. Jawaban: Hasil dari perjuangan Balaputradewa adalah tercapainya puncak kejayaan Kerajaan Sriwijaya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayan. Jawaban: Balaputradewa memiliki sikap berani dan berjuang dalam membangun armada laut supaya jalur pelayaran wilayah Sriwijaya menjadi aman.

Jawaban: Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan karena Balaputradewa berhasil membawa Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar dan makmur serta dapat mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Jawaban: Balaputradewa berjuang membangun armada laut supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman.

Balaputradewa berjuang agar banyak pedagang yang singgah dan dapat meningkatkan ekonomi Kerajaan Sriwijaya. Balaputradewa berjuang agar Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya, kerajaan yang besar dan makmur.

Jawaban: Sikap: Raja Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat agar dapat aman dan banyak pegadang yang singgah ke Kerajaan Sriwijaya. Alasan: Karena yang diperjuangkan oleh Balaputradewa adalah untuk kepentingan bersama, rakyatnya dan juga kerajaannya, maka tindakannya sesuai dengan sila keempat.

Sikap: Raja Balaputradewa memiliki sikap tidak egois dan mementingkan kepentingan bersama. Alasan: Karena Balaputradewa memajukan kehidupan rakyatnya hingga Kerajaan Sriwijaya dapat mencapai kejayaan di bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Jawaban: Ada, R. A Kartini.

Hal hal baik R.A Kartini yang patut kita contoh: Mudah berbaur di masyarakat Sederhana

Merakyat Pengasih Berani

Menghormati orangtua Jawaban: Membantu sesama yang membutuhkan bantuan. Jawaban: Masih tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.

Jawaban: Mengalahkan egoisku dan mulai menerima masukan dari orang lain. Salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih bertahan adalah candi Muara Takus. Gambarlah 2 garis yang kamu temukan. Berilah nama garis tersebut. Apakah kamu menemukan garis pada gambar di atas? Jelaskan jawabanmu!

Apakah jenis garis yang kamu lihat semua sama? Gambarlah garis yang kamu temukan! Adakah garis yang tidak bertemu? Adakah garis yang bertemu? Gambarlah garis yang kamu temukan! *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati”; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa. Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawabanmu. Jawaban: Pangeran Diponegoro memiliki keberanian dan pantang menyerah melawan penjajah.

Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda beda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari? Berikan contoh. Jawaban: Bisa diterapkan, misalnya dalam kehidupan sehari hari kita dapat menghormati dan menghargai perbedaan orang lain saja pasti dapat menyatukan keberagaman di sekitar kita. Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda beda untuk mencapai tujuan? Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan.

Jawaban: Pernah, saat lomba tarik tambak bersama teman teman yang berbeda suku, ras dan agama kita kompak bersama memenangkan pertandingan. Tahukah kamu para pahlawan sering mengalami cedera ketika mereka bertempur melawan penjajah. Mereka mengalami cedera, mulai dari cedera yang ringan hingga cedera berat. Pada bagian sebelumnya kamu telah mengetahui cara mengatasi cedera, yaitu luka memar.

Sekarang, kamu akan berlatih lebih lanjut cara cara mengatasi cedera tersebut. Secara berpasangan, diskusikan kembali langkah langkah dalam mengatasi cedera memar. Gambarlah langkah langkah dalam mengatasi cedera tersebut, mulai dari langkah awal sampai akhir. Beri keterangan pada setiap gambar.

– Hal hal penting apa yang kamu pelajari dalam satu pekan ini? – Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain, dan lingkungan? – Sikap apa saja yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari hari? Jelaskan dan peragakan kepada orang tuamu cara mengatasi luka memar. Minta mereka menulis komentar tentang penjelasan dan peragaanmu tersebut. *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.