Mengenal Arti Huruf Belakang Plat Nomor

Arti huruf belakang plat nomor kendaraan di Indonesia memiliki perbedaan masing masing. Dimana perbedaan plat pada kendaraan terdiri dari angka dan huruf yang mewakilkan registrasi atau identitas kendaraan tersebut. Meski demikian, secara garis besar plat tersebut berisikan kode wilayah, nomor registrasi hingga masa berlaku. Hal ini berdasarkan aturan Perkapolri nomor 5 tahun 2012. Satu hal yang perlu diketahui bahwa plat yang ada di Indonesia memiliki nomor 7 digit dengan kombinasi antara huruf dan angka. Namun, hal ini tidak berlaku khususnya di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi dimana biasanya ada tambahan 8 huruf dan angka dengan menggunakan tiga huruf di belakang.

Tentu saja, plat nomor tersebut memiliki fungsi masing masing alias tidak dibuat secara sembarangan. Fungsi huruf plat nomor misalnya menunjukkan kode provinsi atau kota maupun kabupaten. Sementara itu, untuk memberikan identitas dari sub daerah menggunakan angka registrasi dan kode plat nomor yang letaknya di bagian belakang. Dan setiap kendaraan harus memiliki tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Oh ya, setiap 5 tahun sekali setiap kendaraan wajib menjalani uji fisik dimana nantinya akan mendapatkan nomor registrasi baru. Nah, nomor inilah nantinya yang menunjukkan wilayah masing masing. Sebut saja huruf depan seperti A,B,D, E dan F atau bisa juga kombinasi antara kedua huruf seperti AB, AE, BK dan DK.

Bagaimana, sudah paham? Untuk lebih jelasnya lagi arti huruf belakang plat nomor berdasarkan dari huruf yang digunakan. Biasanya, terdiri dari dua atau tiga huruf dimana huruf pertama menunjukkan sub daerah dan huruf selanjutnya adalah huruf acak. Tidak sedikit yang memahami jika arti huruf belakang plat nomor setelah sub daerah menunjukkan jika itu adalah jenis kendaraan. Misalnya saja kode daerah Bandung dimana huruf yang diwakilkan adalah D. Setelah 4 digit angka menunjukkan kota asal. Begitu juga dengan kota lain dimana masing masing huruf digunakan sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Jadi, pembuatan TNKB nantinya memberi manfaat untuk mengetahui asal kendaraan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.