Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengatasinya

Kucing terkadang muntah karena bola rambut atau sakit perut ringan. Ini biasanya jinak, Namun, dalam kasus lain, muntah mungkin menandakan masalah medis yang serius, Muntah kucing dapat terjadi karena penyakit sistemik, obstruksi, alergi makanan, parasit, dan banyak lagi, Pengobatan untuk muntah akan tergantung pada penyebabnya.

Sebagian besar pemilik kucing terlalu akrab dengan suara khas muntah kucing. Tetapi hanya karena kita semua pernah mendengarnya, tidak berarti itu harus menjadi kejadian biasa. Muntah pada kucing seringkali bisa menjadi tanda awal penyakit, jadi berhati-hatilah untuk tidak mengabaikan perubahan penting pada kesehatan kucing Anda.

Seberapa Sering Kucing Muntah?

Kami dulu berpikir bahwa beberapa kucing hanya “muntah” tetapi sekarang kami tahu bahwa muntah kronis adalah tanda dari masalah yang mendasarinya. Adalah normal bagi kucing untuk sesekali mengalami hairball karena perilaku perawatannya yang teliti, tetapi muntah yang tidak terkait dengan hairball adalah tanda masalah medis.

Jenis Muntah Kucing

Kucing dapat muntah karena berbagai penyebab yang berbeda dan munculnya muntah dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya. Sebagian besar pemilik kucing akrab dengan bola rambut, yang terjadi ketika kucing menelan banyak rambut selama perawatan normal. Rambut ini tidak dapat dicerna dan dapat dimuntahkan kembali dari saluran pencernaan.

Muntah 

adalah pengeluaran isi lambung dan usus bagian atas secara paksa, sedangkan regurgitasi adalah pengeluaran isi lambung dari mulut, tenggorokan, dan kerongkongan. Muntah adalah proses aktif, sering kali berlangsung beberapa menit, di mana kucing mungkin terlihat tidak sehat, ngiler, muntah-muntah, perut terlihat naik turun, dan akhirnya muntah.

Regurgitasi 

Di sisi lain, terjadi dengan cepat dan sering tanpa peringatan. Kucing biasanya baik-baik saja selama satu menit, lalu tiba-tiba “muntah” tanpa muntah-muntah atau terengah-engah. Mengidentifikasi yang mana dari dua proses ini yang dialami kucing Anda dapat membantu Anda dan dokter hewan mempersempit kemungkinan penyebab masalahnya.

Bagan Warna Muntah Kucing

Orang tua hewan peliharaan sering ingin mencoba mendiagnosis penyebab kucing muntah mereka berdasarkan warna atau konsistensi muntahnya. Sayangnya, diagnosisnya tidak sesederhana itu. Warna muntahan kucing dapat bervariasi tergantung pada apa yang dimakan kucing, pewarna apa pun yang digunakan dalam makanan atau camilan yang dimakan kucing, dan sejumlah faktor lainnya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.