Presiden Yakin Indonesia Lahirkan Terobosan untuk Capai Target SDGs

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin bahwa bangsa Indonesia mampu mencari terobosan dan inovasi agar tujuan pembangunan berkelanjutan atau Suistanable Development Goals (SDGs) dapat tercapai. Menurut Presiden bangsa Indonesia menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu mencapai tujuan tersebut. "Saya yakin kita menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa kita gunakan. Setiap peneliti setiap akademisi setiap institusi pendidikan pasti memiliki keunggulannya masing masing. Setiap praktisi baik di pemerintahan, di masyarakat sipil maupun di swasta pasti mempunyai pengalaman berbeda beda," kata Presiden dalam sambutan konferensi SDGs secara virtual, Kamis, (17/12/2020).

Menurut Presiden target SDGs saat ini memang sulit untuk dicapai karena adanya Pandemi Covid 19. Namun dengan kekayaan pengetahuan tersebut, ia yakin terobosan atau inovasi akan lahir demi tercapainya target SDGs. "Kekayaan pengetahuan itulah yang harus kita sinergikan, dibutuhkan keseriusan untuk saling berbagi dan saling bersinergi. Dibutuhkan agenda yang jelas di setiap forum forum semacam ini dengan target yang jelas," katanya.

Sebelumnya Bappenas telah merancang SDGs 2020 2030. Rancangan tersebut harus disesuaikan karena pelaksanaanya terhambat adanya Pandemi Covid 19. Bappenas telah menyiapkan draf Rencana Aksi Nasional (RAN) 2020 2024 serta skenario jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mencapai tujuan SDGs pascapandemi covid 19. Tujuan tersebut yakni tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, lalu kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, peningkatan ekonomi, energi bersih dan terjangkau, dan berkurangnya kesenjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.