Selain Mencegah Dehidrasi, Manfaat Air Putih Dalam Menjaga Kesehatan Pada Masa Kehamilan

Kehamilan merupakan kondisi spesial yang butuh perhatian lebih. Bukan hanya asupan nutrisi yang bisa didapat dari makanan alami seperti buah-buahan, sayuran hijau atau produk protein hewani, Ibu hamil wajib mencukupi kebutuhan cairan tubuh lebih banyak dari biasanya.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil setidaknya membutuhkan asupan cairan 3-4 gelas lebih banyak dari kondisi biasanya. Jika sehari-hari Anda minum sekitar 8 gelas per hari, selama masa kehamilan Anda disarankan untuk mengkonsumsi 12 gelas air putih.

Bukan hanya untuk mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan selama masa kehamilan memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Membantu pembentukan plasenta agar bayi dalam kandungan bisa mendapatkan nutrisi yang mencukupi untuk tumbuh kembangnya.
  • Membantu mencegah terjadinya sembelit dengan cara mengoptimalkan kinerja serat untuk membantu melunakkan feses dan memudahkan pergerakan usus.
  • Mengontrol masalah pembengkakan. Hal ini dimungkinkan karena cairan tubuh berperan penting dalam membantu menjaga keseimbangan tubuh.
  • Menjaga konsistensi darah dan memaksimalkan hidrasi tubuh. Air putih juga efektif membantu melancarkan aliran darah dan mencegah hipertensi.
  • Membantu meningkatkan suasana hati. Hal ini dimungkinkan karena dehidrasi ringan berpotensi mempengaruhi suasana hati Ibu hamil.

Perlu diingat, kurang konsumsi air putih bisa berdampak fatal pada kehamilan Anda. Selain meningkatkan resiko dehidrasi, kurang konsumsi air putih bisa mengganggu perkembangan janin dalam kandungan, bahkan meningkatkan resiko bayi lahir prematur, hingga keguguran.

Trik Mencukupi Kebutuhan Cairan Bagi Ibu Hamil

Bagi sebagian Ibu hamil yang sering merasa mual saat mengkonsumsi air putih, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, diantaranya dengan membuat infused water. Anda bisa memasukkan potongan buah-buahan favorit agar air tersebut sedikit memiliki rasa.

Trik lainnya, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air, seperti semangka, bengkoang, melon, timun suri, mentimun dan lainnya. Anda juga bisa rutin minum air kelapa muda yang rasanya lebih menyegarkan dan lebih cepat diserap tubuh.

Selain itu, usahakan untuk minum air putih setelah buang air besar atau buang air kecil. Anda juga wajib minum air putih setelah muntah, atau ketika mengalami diare. Tidak perlu memaksakan diri, cukup minum sedikit demi sedikit.

Agar tidak lupa, Anda bisa menyiapkan botol air minum dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan asupan cairan tubuh per hari. Trik lainnya, untuk memudahkan Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh, siapkan beberapa botol Air Sejuk Adem Sari.

Ini bukan air minum biasa, Air Sejuk Adem Sari merupakan produk air mineral dengan kandungan pH 6.8, yang sudah sesuai dengan rekomendasi Environmental Protection Agency (EPA).

Selain itu, Air Sejuk Adem Sari mengandung sejumlah mineral penting yang baik untuk membantu menjaga kesehatan, memberi energi, mencegah dehidrasi dan mengoptimalkan pembentukan janin dalam kandungan, seperti sodium, potasium, kalsium dan magnesium.

Air Sejuk Adem Sari hadir dalam kemasan botol unik menyerupai bentuk botol minuman herbal antik asal Tiongkok. Untuk memenuhi kebutuhan air putih selama masa kehamilan, Anda cukup menyiapkan 4-5 botol Air Sejuk Adem Sari kemasan 600 ml.

Produk ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa membelinya di warung atau minimarket terdekat. Selain itu, Air Sejuk Adem Sari bisa juga didapat di situs e-commerce seperti Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak, dan lainnya.

Demikianlah manfaat air putih untuk ibu hamil agar tetap sehat dan terjaga serta mencegah dehidrasi. Oleh karenanya penuhi asupan cairan dengan mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari agar tubuh tetap sehat dan bebas dari masalah kesehatan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.